SOSIALISASI BPJS KETENAGAKERJAAN DI FEB USK

Published by admin on

Darussalam, 18 Agustus 2022, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala kedatangan tim dari BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh untuk melakukan sosialisasi bagi tenaga kerja di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk lebih mengenal program-program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Sidang FEB.

Tilawati Permatasari selaku pembicara mengatakan, “Meskipun dilahirkan melalui undang-undang yang sama, terdapat perbedaan antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Selain program-program yang berbeda, ruang lingkup kepesertaannya juga berbeda. BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan secara bagi seluruh masyarakat Indonesia, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan sosial kepada seluruh┬átenaga kerja di Indonesia kecuali PNS, TNI, dan POLRI”.

Tilawati Permatasari memaparkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki lima program yaitu (1) Jaminan Kecelakaan Kerja, (2) Jaminan Kematian, (3) Jaminan Hari Tua, (4) Jaminan Pensiun, (5) Jaminan Kehilangan Pekerjaan. BPJS Ketenagakerjaan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu, informasi dan layanan BPJS Ketenagakerjaan sudah bisa didapat dari aplikasi JMO yang dapat diunduh di playstore dan appstore.

 

Categories: Berita

Tim Web FEB USK 2023