FEB USK JALIN KOLABORASI AKADEMIK DENGAN FAKULTI PENGAJIAN ISLAM UNIVERSITAS KEBANGSAAN MALAYSIA

Published by admin on

KUALA LUMPUR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) dan Fakulti Pengajian Islam, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menandatangani Letter of Intention dan Implementation of Agreement pada 13 Oktober 2023 untuk meresmikan komitmen dalam membina kerja sama dan pertukaran pengetahuan di bidang akademisi dan pengabdian masyarakat sebagai implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Letter of Intention dan Implementation of Agreement tersebut ditandatangani oleh Dekan Fakulti Pengajian Islam USM, Prof. Madya Dr. Ahmad Sunawari Long dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK, Prof. Dr. Faisal, SE., M.Si., MA.

Upaya kolaboratif ini difokuskan mencakup komitmen untuk berkolaborasi dalam bidang akademik yang berfokus pada bisnis yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Kedua universitas berkomitmen untuk melakukan upaya bersama yang mencakup inisiatif layanan masyarakat kolaboratif dan penyelenggaraan acara yang diselenggarakan bersama seperti konferensi, ceramah, kursus pelatihan, seminar, dan simposium.

Kedua pihak juga akan memfasilitasi pertukaran dosen dan mahasiswa untuk mendorong pembelajaran lintas budaya dan kolaborasi penelitian, serta mempromosikan proyek penelitian bersama di bidang yang menjadi kepentingan bersama. Selain itu, kedua institusi akan terlibat dalam pertukaran pengetahuan, pengumpulan sumber daya dan informasi untuk meningkatkan program akademik dan penelitian masing-masing.

Ahmad Sunawari Long dalam sambutannya mengatakan, Letter of Intention dan Implementation of Agreement ini menandai tonggak penting dalam hubungan UKM dengan USK. kerjasama internasional ini juga akan memberikan dampak positif terhadap upaya-upaya peningkatkan rangking PT di kancah internasional. Pihaknya sangat antusias untuk berkolaborasi dalam berbagai inisiatif yang akan bermanfaat bagi fakultas, mahasiswa, dan komunitas.

“Kami yakin bahwa kemitraan ini akan menghasilkan penemuan dan wawasan, dan kami berharap dapat bekerja sama untuk membangun masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara Faisal, didampingi para Pembantu Dekan 1,2 dan 3 dan juga Ketua Jurusan Manajemen serta Koordinator Prodi Magister Manajemen dan Koordinator Prodi Doktor Ilmu Manajemen FEB USK menambahkan, USK merasa terhormat dapat bermitra dengan USM, salah satu universitas terkemuka di Malaysia.

Lanjutnya, Letter of Intention dan Implementation of Agreement ini memberikan kerangka untuk memperdalam hubungan dan kerja sama dalam isu-isu penting yang mempengaruhi kawasan internal USK dan dunia. “Kami yakin bahwa kolaborasi ini akan membawa banyak manfaat bagi mahasiswa, dosen, dan staf kami, dan kami menantikan kemitraan yang panjang dan produktif,” ungkapnya.

Penandatanganan Letter of Intention dan Implementation of Agreement ini merupakan bukti komitmen kuat UKM dan USK dalam mendorong pertukaran akademik dan budaya. Kemitraan ini diharapkan memberikan hasil positif bagi kedua institusi, serta masyarakat yang mereka layani.

Sebagai salah satu implementasi joint program ini, pada hari yang sama telah dilakukan Guess Lecture Series dengan tema “Exchange Experiences: Comparative Studies on Sharia-Compliant Business in Indonesia and Malaysia” yang menampilkan pembicara dari kedua universitas.***

Categories: Berita

Tim Web FEB USK 2023