D3 Sekretari

Published by admin on

“Menjadi Program Studi Diploma III Sekretari terkemuka di Indonesia sebagai pusat penyedia tenaga kerja sekretaris berkualitas yang menguasai pengetahuan, teknologi informasi dan ketrampilan dalam bidang kesekretariatan serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika pada tahun 2026”.

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan Program Studi Diploma III Sekretari untuk menghasilkan lulusan sekretaris siap pakai, yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta mampu mengaplikasikan ilmu dan ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan pengguna (users).
  2. Mengembangkan berbagai bentuk kerjasama dengan/antar instansi terkait menuju kemandirian dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan pendidikan moral dan etika di lingkungan civitas akademika.
  4. Meningkatkan kualitas Program Studi Diploma III Sekretari secara berkesinambungan guna mendukung proses belajar mengajar melalui penerapan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi yang bercirikan ‘Good and Clean Governance’.
  1. Menghasilkan lulusan sekretaris siap pakai, yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta mampu mengaplikasikan kompetensinya dalam bidang administrasi perkantoran: komunikasi, pelayanan prima, teknologi informasi dan penerapan kegiatan administrasi khusus yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (users).
  2. Menjadi mitra yang baik dan mandiri dalam menjalin kerjasama pada semua instansi terkait baik pemerintah maupun swasta.
  3. Menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika.
  4. Menjadi Program Studi yang akuntabel, transparan, dan partisipatif dalam proses belajar mengajar yang bercirikan ‘Good and Clean Governance’.

SIKAP DAN TATA NILAI

    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan pancasila.
    4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedualian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang kesekretarisan secara mandiri.
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

KEMAMPUAN/SKILL

    1. Mengelola administrasi
    2. Melakukan manajemen perkantoran
    3. Melakukan Komunikasi
    4. Memberikan Pelayanan
    5. Menggunakan teknologi informasi
    6. Mengelola Keuangan
    7. Melakukan administrasi pemeliharaan sarana dan prasarana
    8. Melaksanakan kegiatan administrasi khusus
  1. Penguasaan program windows
  2. Mengetik cepat 50 word per minute (wpm)
  3. Penguasaan percakapan bisnis dan tulisan bisnis dalam bahasa Inggris

Program studi Administrasi Perkantoran atau Kesekretariatan membekalimu dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan. Sejalan dengan tuntutan pekerjaan Administrasi Perkantoran, para mahasiswa mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi infornmasi (komputer) dan internet, bahasa Inggris, dan lain-lain. Melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat perkantoran, dan menyediakan peralatan perkantoran merupakan pekerjaan Administrasi Perkantoran. Prodi Administrasi Perkantoran menghasilkan profesional yang bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Maka dari itu profesi ini tidak bisa dianggap remeh. Biasanya profesi administrasi seperti sekretaris memang identik dengan wanita, hal ini disebabkan karena pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi pria untuk bekerja di bidang administrasi.

Jika anda senang berpakaian rapih dan berpenampilan menarik, menguasai bahasa asing, dan memiliki keahlian dalam korespondensi, komunikasi, tata penyimpanan file, hingga mengorganisir acara pertemuan bisnis. maka prodi ini cocok untuk anda.

[INSERT_ELEMENTOR id=”4234″]
[INSERT_ELEMENTOR id=”4230″]

Lulusan program studi ini bisa bekerja di berbagai industri menjadi staff administrasi (produksi, dokumen, operasional, ekspor impor), resepsionis, personalia, sekretaris, asisten sekretaris di Berbagai lembaga atau organisasi pemerintah atau swasta.

  • Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri, dan Sidang
  • Sekretaris Legal
  • Administrasi, Sekretaris Eksekutif
  • General Affairs
  • Pegawai Yudisial
  • Asisten Legal dan Paralegal
  • Sekretaris Medis

Galeri Foto Kegiatan

Ketua Prodi D3 Sekretari menerima cinderamata dari Prof. Su dari National Taitung University Taiwan dalam rangka Mandarin Camping (pelatihan bahasa Mandarin kepada mahasiswa Prodi Diploma III Sekretari Unsyiah).

Penyerahan sertifikat Pelatihan Bahasa Mandarin Mandarin Camping (Pelatihan bahasa Mandarin kepada mahasiswa Prodi Diploma III Sekretari Unsyiah).

Categories: Berita

Tim Web FEB USK 2023